kisah hikmah

 

TIKUS DAN TIRAM
Ada seekor tikus yang di tinggal mati induknya induknya. Ia belum pernah keluar dari tempat tinggalnya sejak kecil.
Pada suatu hari ia berfikir : “baiklah saya keluar dari tempatku ini untuk berjalan-jalan melihat pemandangan”.
            Maka keluarlah ia dari liangnya. Ia merasa girang dan heran melihat bermacam-macam barang yang indah yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Ketika ia melihat rumah semut, disngkanya gunung dan anak sungai ikiranya lautan. Ia terus berjalan dengan riangnya. Akhirnya sampailah ia ke tepi laut. Disana dilihatnya banyak tiram yang terbuka kulitnya. Dan ada pula yang tertutup. Ia mengira bahwa tiram yang terbuka kilitnya itu, kapal atau biduk. Maka katanya: “saya igin naik kapal ini untuk berlayar keseberang lautan”.
            Maka iapun mendekati tiram yang terbuka kulitnya itu. Menurut pandangannya banyaklah disitu makanan yang lezat, tikus itupun memasukkan kepalanya kedalam kulit tiram yang terbukla itu, hendak memakan sesuatu yang disangkanya makanan yang telah tersedia disitu.
            Pada waktu itu pulalah tiram itu menutupkan kulitnya. Tikus itupun terjepit dan matilah ia akibat kebodohannya dan kekurangannya tentang pengetahuan dan pengalaman.
TINJAUAN DAN WAWASAN:
1.      MENYENDIRI BAGI ORAN YANG KURANG PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN ITU MENAMBAH KEBODOHAN YANG AKIBATNYA KEMUNDURAN DAN KERUGIAN
KATA SYAIR:
“sekiranya singa itu hanya menetap dipersembunyiannya, pasti tidak dapat menerkam mangsanya dengan mudah. Sebagaimana anak panah itu sekiranya tidak lepas dari busurnya, tak mungkin dapat mengenai sasaran”
(imam SYAFII : 150-205 h)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s