sejarah program perusak komputer

Tahun 1949 ( Teori Virus ) dalam tesisnya John von Neumann menyatakan bahwa sebuah program komputer dapat menggandakan diri sendiri.

Tahun 1982 ( Standalone Tool ) Rich Skrenta, seorang pelajar usia 15 tahun, menulis sebuah program dengan nama Elk Cloner yang dapat menyebar melalui sebuah disket.namun, program ini masih belum memiliki daya rusak.
Tahun 1986 ( Pakistan Conection ) Penjual software dari Timur Tengah menyebarluaskan virus DOS pertama.Program ini akan mengubah volume disket, tetapi belum menyebabkan kerusakan besar.
Tahun 1987 ( Virus Penghapus ), virus pertama yang menimbulkan kerusakan permanen. Setiap hari Jum’at tanggal 13 semua file berekstension com dan exe dihapus dari hard disk.Pada tahun yang sama Memory Resident, cascade virus bersembunyi di memori RAM dalam format yang terenskripsi. Penawarnya adalah mematika PC agar virus dihapus dari memori.
Tahun 1988 Virus Kit, sebuah virus contrustion Kit muncul untuk komputer Atari ST yang sedang popiler.Dengan virus ini, pemulapun dapat memprogram virus baru tanpa harus memiliki kemampuan programing.
Tahun 1989 (Program Anti Virus ), untuk pertama kalinya muncul sebuah program pertama ke pasaran yang melindungi komputer terhadap virus.
Tahun 1992 Virus Menang, dengan sebuah polymorp program generator, programer dapat mengenkripsi virus dan menyembunyikannya ke dalam sistem.banyak produsen anti virus yang menyerah karena mereka tidak dapat menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Michelangola, virus pertama yang mendapat perhatian besar.Pada hari ulang tahun seniman ini, virus penghapus area-area sistem yang kritikal.
Tahun 1995 Virus Makro, program perusak pertama muncul untuk aplikasi word dan sejenisnya.
tahun 2000 Ungkapan sayang sebagai Worm “I Love You” worm komputer besar pertama yang menyebar melalui email.
Tahun 2002 Tidak Tergantung OS, selain aplikasi windows, generasi virus baru dapat menginfeksi file-file Linux.Program virus ini mengancam sistem operasi apa saja.
tahun 2004Sasser Worm, seorang pelajar asal Jerman memprogram sebuah virus yang akan mematikan komputer sehingga menimbulkan kerugian dalam jumlah milyaran dolar.
Pada tahun yang sama (Ponsel ), program perusak pertama muncul untuk sistem operasi pocket PC. Setahun kemudian virus juga muncul pada perangkat Symbian.
Tahun 2006 Wireless Worm, sekelompok peneliti asal Belanda memperkenalkan sebuah worm yang dapat menyebar melalui gelombang RFID
Tahun 2009………….di mana-mana Virus

Sumber: majalah chip edisi 4 tahun 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s