Depok itu Betawi apa Sunda ?

index

gue sebenenya bingung sama status budaya gue dan keluarga besar gue yang semuanya tuh asli depok. Jadi gini, keluarga gue tuh menclaim bahwa kami tuh adalah orang betawi, tapi kalo gue pikir depok itu sebenernya masih masuk jawa barat dan lebih pantes disebut sunda, ditambah lagi waktu itu, pas gue masih smk, guru pkn gue pernah nanya tentang suku masing-masing siswanya, nah pas dia nanya gue, gue jawab aja gue orang betawi, trus dia nanya jakarta mana?.. gue jawab pede, depok pak, “haaaaaa..” dia kaget sambil bengong, kebetulan guru gue ini orang betawi, dia bilang, “ lah tongg depok mah kan jawa barat ngape lu biang lu orang betawi”.. “oh gitu ya pak heheheh“ gue nyengir.

Jadi begitu masalahnya, tapi sebenernya kalo menurut pendapat gue, budaya itu enggak ngaruh sama tempat, karena emang begitu adanya, dari dulu keluarga besar gue tuh mencerminkan budaya betawi, dari mulai budaya lebaran,budaya nikahan sampe bahasa yang di pake, dari mulai enggkong, encang, encing, Mamang gw ngomongnya betawi, enggak ada yang sunda. Lokasi itu ( maksudnya walupun masuk wilayah jawa barat) ibarat kata hanya sebagai tempat singgah, lagian kalo gw pikir depok sama jakarta tuh deket bangat, siapa yang tau kalo sebenernya orang betawi tuh tersebar di beberapa kota, walau terpisah provinsi. kita contoh orang jawa, walaupun mereka ada dua provinsi jawa timur dan jawa tengah, tetep mereka disebut orang jawa,enggak dibedain soal tempat atau provinsi, jadi bukan berarti suku itu identik dengan hanya di satu provinsi, ngerti maksud gw kan?.. hah enggak ngerti?.. gue juga bingung sih sebenerny,, hehehe.. coba deh bayangin, bisa kan ngebayangin?.. kalo enggak bisa yaudah dibaca aja.. misalnya ada orang ngomongnya arab tampangnya arab trus keluarganya keturunan arab, tapi mereka tinggal di jepang, ya bukan hanya tinggal, tapi dari engkong-engkongnya udah tinggal di jepang, hah? emangnya ada?.. kan misalnya. apa mereka disebut orang jepang? Bukan, orang jepang juga pasti manggil dia Gayjin, atau orang asing.. sama kaya orang-orang depok yang bilang mereka betawi, mereka ngomong betawi, berbudaya betawi tapi dibilang orang sunda…

ya jadi sudah jelas memang budaya tuh bukan masalah tempat tapi suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. deal ya..  Cheers smileys

Tinggalkan Balasan

