Once upon a time in Ramadhan

Bulan-yg-di-tunggu-tunggu-ramadhan-gambar-kata

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan ramadhan. enggak terasa ya udah pengen ramadan lagi aja, padahal 11 bulan yang lalu kita baru aja idul fitrian. Tanda-tandanya juga udah mulai terasa, seperti udah mulai munculnya iklan siruf TarZan di tv yang merupakan salah satu tanda datangnya bulan ramahan di indonesia ini..

Bulan ramadhan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. bulan yang penuh dengan ampunan keberkahan, dan bulannya bagi umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan. bukan hanya ditunggu-tunggu sebagai bulan yang penuh ampunan ada juga sebagian orang yang senang menyambut bulan ramadhan dengan alasan lain. seperti pedagang takjil  yang enggak semuanya muslim. tapi mereka senang dengan adanya bulan ramadhan. dagangan mereka laku keras. bahkan didaerah rumah gue, banyak orang china yang jualan takjil, tapi kalo gue sih lebih suka sama masakan ibu gue daripada beli belum tentu enak. Tapi kalo udah dibeli ya gue makan aja.

selain tukang dagang biasanya Anak kecil juga pada seneng nih menyambut bulan ramadahan, bukan karena mereka seneng pengen ibadah tapi karena dibulan ramadhan ini ada keceriaan lain, biasanya dulu waktu gue masih kecil, yang gue tunggu-tunggu dari bulan ramadahan tuh suasananya bisa ngumpul bareng keluarga bisa maen malem-malem abis pulang teraweh, kalo hari biasa mana boleh main malem-malem. Ditambah biasanya kalo ngabuburit rental PS dirumah gue pasti penuh sama anak-anak kecil ngabuburit padahalmah enggak semuanya pada puasa, tapi anehnya setiap sore pasti rame tuh rental ps dirumah gue.

Perang sarung..

Ada tradisi konyol tapi ekstream nih yang biasa gue lakuin dibulan ramadhan waktu kecil, disaat orang-orang dewasanya lagi teraweh, gue sama temen-temen gue malah pada ngumpul buat perang sarung, padahal jujur waktu itu gue enggak tau apa-apa yang penting gue ngikut, permainannya tuh jadi sarung kita lipat memanjang seperti tali, dan kita sabet sabetin keorang lain, gue yang polos waktu itu ngikutin aja yang temen gue lakuin. gue lipet-lipet sarung gue dan gue siap bertempur, dan saat pertempuran biasanya gue berdiri paling belakang, dan lari paling depan saat terjadi serangan. Gue sungguh merasa jadi prajurit perang waktu itu gue memutar-mutar sarung gue dan berimajinasi bahwa gue adalah Date Masamune tokoh vidio game sengoku basara yang sering gue mainin. Padahalmah gue maennya Cuma lari-larian doang sambil teriak “maju luu majuu!!!!”.. gue nyuruh maju tapi guenya lari..

Itu baru kegiatan gue dimalam hari, pernah waktu itu ramadhan bertepatan dengan musim tamiya. Setiap sore gue pasti hadir di tempat orang main tamiya tempatnya agak jauh dari rumah gue, tapi demi hobby gue samperin juga bareng temen-temen gue, sampai disana gue biasanya ngeliatin doang enggak ikut maen, soalnya tamiya disana canggih-canggih hasil modipan, sedangkan tamiya gue Cuma tamiya standar 15 rebu yang dirakitin sama abang-abang tukang maenan. Kalo diinget-inget betapa menyedihkannya gue waktu itu.. gue Cuma bisa ngeliatin tamiya gue sambil megang dada gue, rasanya sakit tapi tidak berdarah..

Keceriann ramadhan dimasa kecil bukan hanya itu masih banyak, dan bakalan capek kalo gue ceritain semua tapi masa-masa paling menyenangkan dibulan ramadhan adalah saat dekatnya idul fitri, sungguh itu bener-bener gue tunggu banget , duit, makanan, baju baru, dan berkumpul bareng keluarga, itu emang hari-hari yang paling menyenangkan bagi gue.

Kalo sekarang sih gue udah gede ramadhan udah enggak seceria dulu, lebaran juga udah biasa-biasa aja menurut gue. yang gue harapin sekarang sih gue mau ramadhan gue , gue isi dengan kebaikan dan bener-bener ingin tulus lebih mendekatkan diri lagi pada Allah SWT, otak gue udah bisa menerima bahwa yang ditunggu-tunggu dari ramadhan adalah mengharap ridha dan ampunannya, gue udah mulai mengerti arti tentang ramadhan itu sendiri, dan gue pengen mengisinya dengan kebaikan, Inshaa Allah.. semoga kita bisa menjalankan ramadhan dengan baik, dan disehatkan agar mampu berpuasa sebulan penuh amiin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s