Tips Agar Puasa Tetap Sehat

puasa-sehat

Puasa udah yang ke-7 hari ni guys, gimana puasa kalian?.. lancar?… masih semangat terus apa makin lemes nih?..  oke jawab aja dalem hati..  kalo gue sih jujur makin lemes, karena semenjak puasa gue Cuma makan nasi saur doang, enggak tau kenapa, gue enggak selera makan akhir-akhir ini, biasanya gue buka puasa Cuma pake es buah, kolak semangkok, lontong 5 dan gorengan 5, heheh boong deng…..  gue buka dikit deh pokonya, ya paling sekedar ganjel perut doang, biar terawehnya enak, by the way,  gue pengen ngasih tips nih, biar puasa badan tetap sehat. Kayanya kurang afdol kalo bulan Ramadhan gini gue enggak nulis tips-tips tentang puasa, walaupun gue juga lemes tapi gue pernah denger ada pepatah yang mengatakan, “tulislah apa yang ingin kau baca dan bacalah apa yang ingin kau lakukan”, ya kurang lebih begitulah pepaptahnya,  jadi enggak salah kalo gue nulis tentang ini..  oke langsung aja nih tips-tips agar puasa tetap sehat..

  1. Saat sahur

Sahur tuh hal yang penting dalam puasa, bahkan Nabi sendiri mengatakan “ sahurlah,  karena didalam sahur itu ada keberkahan”, perlu diingat saat sahur kita harus memerhatikan makanan kita, jangan asal makan, apalagi makanan yang pedes-pedes kesian lambungnya nanti,  abis sahur juga jangan langsung tidur, itu juga enggak baik, apalagi buat para penderita magh enggak dianjurin bangat abis makan tidur, nanti bisa terjadi refluks lambung. minimal kita tunggu adzan subuh dulu, baru lanjut lagi tidur. terus perbanyak makan buah yang mengandung banyak serat dan terakhir yang paling penting, jangan sahur abis shalat subuh, bukan apa-apa, ntar puasanya enggak diterima..

  1. Saat berpuasa (siang hari )

Puasa tuh bukan alasan buat kita enggak olahraga, minimal gerakin tubuh jangan tiduran terus, kalo gue biasanya push up pagi 10 sore 10, nah ini juga paling minimal, kalo bisa sih bantu-bantu orang tua, yah lumayan yang penting gerak, kalo kalian punya pembantu dirumah mending pembantunya disuruh nonton TV aja!.. biar kalian yang kerja dirumah..

  1. Saat berbuka

Saat berbuka hindari makanan-makanan berat, mulailah dengan makanan yang manis seperti kurma, intinya  jangan yang berat-berat, dan yang paling penting manis, iya manis kaya kamu deh pokoknya. kalo kata ahli gizi sih berbuka tuh sama makanan yang banyak seratnya kaya buah-buahan, minum air putih yang cukup, terus jangan keseringan makan gorengan apalagi penggorengan, jangan  deh!..

 Tambahan

Ini tambahan kalo menurut para ustadz-ustadz, bulan ramadhan tuh banyakin ibadah, minimal teraweh, baca quran, sedekah, dan shalat usahain tepat waktu, secara enggak langsung ibadah juga menyehatkan, menyehatkan jiwa lebih tepatnya, karena bisa membuat kita tenang, kalo hati tenang tubuh juga pasti sehat..

Nah begitulah tips-tips yang bisa gue sampaikan. semoga puasa kalian lancar dan diterima Allah ya… amiin🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s